Saturday, January 17, 2015

Manfaat Buah Semangka

   Semangka (Citrullus lanatus) merupakan buah berkulit keras dengan warna hijau pekat terkadang muda disertai larik-larik hijau tua. Daging merah ada yang berwarna merah dan kuning, tergantung jenis kultivarnya. Semangka adalah buah yang tahan hidup di lahan tandus apabila tengah memasuki masa pembentukan buah.
   Buah ini mempunyai cita rasa manis serta memberikan sensasi kesegaran bagi tenggorokan selama musim panas. Di sisi lain tanpa sepengetahuan manusia buah ini bersifat sebagai antioksidan yang membantu organ dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya.

Manfaat Buah Semangka :

1. Kesehatan Jantung
   Semangka dinobatkan sebagai makanan yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sertifikat tersebut diberikan oleh The American Heart Association yang telah berpengalaman sejak lama untuk meneliti lebih jauh mengenai organ jantung manusia mulai dari nutrisi yang baik untuk jantung serta pengobatan penyakit yang berkaitan dengan jantung.
2. Mencegah Berbagai Jenis Kanker
    Para peneliti juga menemukan kemampuan semangka dalam upaya mencegah kanker payudara, prostat, endometrium, paru-paru serta kanker usus besar. Jadi apabila Anda tidak ingin mengidap salah satu penyakit kanker tsb, banyaklah konsumsi aneka olahan semangka.
3. Menetralkan Tekanan Darah Tinggi
   Studi kecil terhadap suplemen ekstrak semangka menunjukkan keefektifitasannya dalam menormalkan tekanan darah tinggi pada orang gemuk dan setengah baya. Dengan kalium dalam semangka penyakit hipertensi bahkan stroke dapat dikurangi risiko terburuk mengalami peningkatan.
4. Membuat Tidur Nyenyak
    Semangka juga membantu Anda tidur lebih pulas karena kandungan karbohidrat polisakarida di dalamnya dapat meningkatkan kadar seretonin. Terjadinya peningkatan kadar seretonin ketika tidur di malam hari membuat otak Anda tidak sensitif terhadap rangsangan yang mengganggu seperti suara, sehingga tidur Anda lebih berkualitas. Sehabis makan malam konsumsi beberapa potong buah semangka kemudian tidur sebelum pukul 11:00 malam. Para peneliti juga mengatakan bahwa konsumsi buah semangka sebelum tidur dapat memperpanjang tahapan tidur nyenyak sebesar 27%.
5. Memperlancar Sirkulasi Darah
    Buah ini dapat melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini dikaitkan dengan kandungan arginin dalam semangka yang dapat meningkatkan oksida nitrat, sehingga pembuluh darah bekerja lebih efektif untuk mengalirkan darah serta mengobati dan mencegah disfungsi ereksi.
6. Menurunkan Berat Badan
    Rasa manis yang dihasilkan dari buah ini tidak akan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda. Selain itu buah semangka tidak rendah kalori dan hampir tidak mengandung lemak ataupun kolesterol yang cenderung mengakibatkan berat badan meningkat.
    Bahkan karena terjadinya peningkatan konsentrasi argini dalam darah sehabis konsumsi semangka dapat memberi keuntungan bagi Anda yang ingin memperoleh tubuh langsing dengan langkah menurunkan berat badan secara perlahan.
7. Meredakan Nyeri Otot
    Mengonsumsi semangka sangat efektif untuk mengurangi rasa sakit yang dihasilkan ketika mengalami nyeri di bagian otot. Hal ini menjadikan buah semangka sebagai makanan yang direkomendasikan kepada para atlet sehabis latihan keras.
   Kandungan citrulline dalam buah semangka akan dikonversi menjadi L-arginine, asam amino dan lemak esensial yang membantu mengurangi nyeri otot pasca-latihan sampai hari-hari berikutnya.

No comments:

Post a Comment