Saturday, January 17, 2015

Maag

   Maag adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang lambung karena terdapatnya luka sehingga membuat penderita sering merasakan mulas, sakit, bahkan perih pada bagian perut. Penyakit ini biasanya kambuh ketika penderita telat makan atau berolahraga dalam waktu yang lama dengan perut yang kosong.

Penyebab Sakit Maag :

   Penyebabnya bisa karena penderita hidup di bawah tekanan sehingga stres, pola makan yang tidak teratur, lambung terserang mikroorganisme yang merugikan seperti Helycobacter pylori, kemudian konsumsi alkohol berlebihan, dan kurangnya waktu istirahat. Dapat juga terjadi akibat makan dengan porsi yang terlalu banyak.

  Nyeri lambung juga disebabkan oleh seringnya konsumsi coklat, makanan tidak sehat (berminyak dan berlemak), saus tomat, dan buah-buahan dengan rasa terlalu asam. Minum-minuman seperti teh, kopi, dan minuman lain yang mengandung kafein dapat mengendurkan lower esophageal sphincter (LES) sehingga menyebabkan naiknya gas dalam lambung ke kerongkongan (refluks).

  Penderita maag juga identik dengan kebiasaan merokok dan minum-minuman keras seperti bir. Menggunakan pakaian yang terlalu ketat di sekitar perut juga memicu dorongan makanan menuju katup LES. Maka dari itu ketika menggunakan ikat pinggang jangan terlalu kencang agar perut tidak tertekan.

Gejala Sakit Maag :

Penyakit tukak lambung terkadang timbul dengan tanda-tanda seperti berikut.
  • Saat buang air besar, kotoran yang melewati lubang bokong akan terasa sakit.
  • Perut kembung akibat terisi penuh dengan minuman bersoda yang menciptakan gas dalam perut.
  • Sering merasa lapar sebab waktu makan yang tidak teratur.
  • Ketika sakit demam, biasa disertai mual dan muntah dengan jarak waktu cukup singkat.
  • Sering bersendawa merupakan gejala sakit maag paling umum.

No comments:

Post a Comment