Saturday, November 28, 2015

Tugas perencanaan bisnis


Profil Usaha

Seiring dengan berkembangnya zaman modern ini, maka banyak pula orang yang merasakan kejenuhan dikarenakan pekerjaan yang menunggu setiap hari.  Banyakmereka yang mengalami depresi di akibatkan pekerjaan yang menumpuk dan tiada henti setiap harinya. Tentu saja ini sangat mengganggu dan dapat menurunkan kualitas seorang pekerja didalam menyelesaikan pekerjaannya.
            Jika kita menilik tahun 90an, maka dengan mudah sekali kita melihat anak-anak dengan cerianya bermain permainan tradisional. Mulai dari bermain petak jongkok, galasin dan berbagai jenis permainan lainnya yang dapat menghilangkan kejenuhan seseorang.
            Melihat dari masalah tersebut, maka saya merencanakan untuk membuat sebuah wahana permainan dengan berlatarbelakang permainan tradisional akan tetapi tetep dikolaborasikan dengan kecanggihan teknologi masa kini. Bagaimana mekanisme dan fungsi dari wahana tersebut akan saya paparkan pada bagian selanjutnya.


Nama Perusahaan
TRASH
(Traditional Hyper)

Diambilnya nama TRASH karena banyak sudah orang mengganggap bahwa permainan tradisional itu sudah kampungan. Dan mereka juga berpikiran bahwa anak zaman sekarang sudah berbeda jadi mereka tidak ingin memainkan permainan tersebut. Oleh karena itu, saya akan mengubah cara berfikir mereka. Saya ingin membuat bahwa permainan tradisional jaman dahulu sangatlah seru. Tidak seperti sekarang yang hanya jari saja yang bermain.
Wahana bermain ini akan membuat pemainnya merasakan keasyikan yang dirasakan anak-anak dahulu, akan tetapi kami akan mengkolaborasikannya dengan teknologi.  Fitur teknologi tersebut juga akan menjadi daya tarik TRASH. Sehingga kita dapat mengubah permainan kuno menjadi permainan paling diminati.


Lokasi dan Jumlah Karyawan
Lokasi             : Saya akan memilih Garut sebagai lokasinya. Mengapa? Karena saya menginginkan lokasi yang tidak terlalu ramai seperti Jakarta, dengan seperti itu akses menuju TRASH akan menjadi lebih mudah karena tidak ada macet. Dan jika lokasi masih sepi dari hotel atau perumahan saya juga dapat membuat penginapan yang pastinya akan meningkatkan income perusahaan saya. Selain itu, lokasi disana masih terbilang sejuk dan dingin, sehingga membuat nyaman para costumer. Dengan adanya TRASH, pendapatan para penduduk asli pun dapat meningkat karena mereka dapat berjualan.

Jumlah Karyawan    : Tentu saja dengan adanya wahana TRASH,  maka dapat dipastikan akan ada juga lapangan kerja. Disini ada beberapa  level tenaga kerja di wahana ini
·         Grand Manager : Grand Manager yang akan menjadi penanggung jawab segala sesuatu yang terjadi di TRASH. Segala laporan akan diserahkan kepadanya.
·         Manager Section : Manager Section yang akan membagi dan mengatur segala wahana tersebut.  Mulai dari hal kecil sampai terbesar akan diatur dan dilaksanakan oleh manager section.
·         Marketing : Bagian yang akan menyebar luaskan wahana TRASH ini dan menarik para pengunjung dan mengubah mind set tentang permainan tradisional.
·         Technology Section : Bagian yang akan membuat permainan tradisional ini menjadi permainan super canggih. Walau bertema tradisional tetap akan diikutkan teknologi sehingga para pengunjung merasakan sesuatu yang bebeda dari wahana lainnya.
·         TRASH Guide : Bagian yang akan membimbing dan mengajari bagaimana cara bermain. Bagian ini harus menguasai semua permainan yang ada di TRASH sehingga para pengunjung dapat merasakan semua permainan disana
·         Petugas Kebersihan : Bagian yang paling penting. Karena walaupun bernama TRASH, tetapi wahana ini akan tetap mementingkan kebersihan. Petugas ini akan ditempatkan disetiap sector dan bertugas mengawasi para pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan.
·         PetugasKesehatan : Bertugas memberikan pertolongan kesehatan bagi pengunjung yang membutuhkan pertolongan kesehatan.

JASA YANG  DITAWARKAN
Jasa yang ditawarkan:
·         Menghilangkan kepenatan yang dirasakan setelah melakukan aktivitas sehari-hari
·          Dapat bernostalgia dengan permainantahun 90an
·         Memperkenalkan anak yang lahir di tahun 2000 kepada permainan yang mungkin sangat asing baginya.
·         Memberikan edukasi yang sangat bermanfaat
·         Merubah mind set orang-orang yang berpikiran bahwa permainan tradisonal adalah permainan kuno menjadi permainan yang sangat asyik

No comments:

Post a Comment